Tuesday, November 11, 2014

In My Opinion

SENI DAN BUDAYA ADALAH JATI DIRI BANGSA



     
     Seni dan budaya merupakan dua sisi seperti mata uang yang tidak bisa terpisahkan. Walau sesungguhnya seni itu sendiri adalah merupakan satu bagian dari budaya atau peradaban hidup suatu bangsa yang mana akan terus hidup selama manusia itu sendiri ada di muka bumi.
Setiap negara atau bangsa mempunyai seni dan budaya yang berbeda-beda sesuai dengan apa yang ditinggalkan oleh para leluhurnya itu sendiri.  Namun demikian di beberapa negara jenis kesenian termasuk jenis alat musiknya banyak yang memiliki kemiripan.  Hal ini bisa saja terjadi disebabkan oleh adanya pertukaran atau malah sebuah negara memodifikasi alat musik tersebut dari negara lain yang sudah lebih dahulu terkenal dan kemudian disesuaikan dengan adat dan budaya setempat.
    Seni dan budaya tidak hanya menjadi ciri dan gaya hidup atau hanya merupakan tontonan dari sebuah pagelaran hiburan tapi lebih jauh juga merupakan tuntunan yang selanjutnya akan menjadikan ciri dan jati diri bangsa dimana seni dan budaya itu tumbuh dan berkembang.
^_^

1 comment: